CP Dasar Dasar Teknik Otomotif Fase E
Capaian Pembelajaran untuk semua mata pelajaran dalam kelompok umum, mata pelajaran Matematika, mata pelajaran Bahasa Inggris, dan mata pelajaran Informatika dalam kelompok kejuruan untuk SMK/MAK mengacu pada Capaian Pembelajaran untuk SMA/MAK. Adapun Capaian Pembelajaran mata pelajaran dalam kelompok kejuruan lainnya sebagai berikut.
CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK OTOMOTIF
A. Rasional
Dasar-Dasar Teknik Otomotif adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian teknik otomotif atau kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor, kendaraan ringan hingga alat berat. Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran dasar kejuruan yang terdiri dari berbagai ilmu dasar sebagai penentu dalam mempelajari mata pelajaran yang lain dalam program keahlian Teknik Otomotif, agar peserta didik memiliki dasar kompetensi yang kuat dalam mempelajari konsentrasi keahlian di fase F.
Teknik Otomotif berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor, dan menjadi salah satu industri terbesar di dunia. Dalam perkembangannya teknik otomotif menjadi semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi lainnya yang berkaitan dengan otomotif seperti teknik mesin, teknik otomasi, dan teknik elektronika, bahkan teknologi informasi dan komunikasi.
Mata pelajaran ini berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dalam bidang otomotif dari pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, dari sepeda motor, kendaraan ringan, hingga alat berat, dan pembelajarannya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari.
Proses pembelajaran diharapkan dapat dilaksanakan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan contextual teaching learning, cooperative learning, maupun individual learning.
Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain
- project-based learning,
- problem-based learning,
- inquiry-based learning,
- discovery- based learning,
- teaching factory, atau
- model pembelajaran lainnya yang relevan.
Mata pelajaran ini juga berkontribusi dalam membentuk kompetensi (hard skills), softskills dan karakter peserta didik pada bidang pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor sehingga menjadi warga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
B. Tujuan
Mata pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik dengan dasar- dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
- memahami manajemen atau proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan;
- memahami perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja serta isu-isu global terkait dunia otomotif;
- memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), dan peluang usaha di bidang otomotif;
- menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di tempat kerja;
- menerapkan teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses bidang otomotif;
- menggambar teknik dasar sesuai standar yang digunakan;
- menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja;
- memelihara komponen dengan alat sesuai Prosedur Operasional Standar (POS);
- membuat rangkaian elektronika dasar otomotif sesuai Prosedur Operasional Standar (POS);
- memahami dasar-dasar sistem hidrolik dan pneumatik.
C. Karakteristik
Pada hakikatnya mata pelajaran ini berfokus pada kompetensi yang bersifat mendasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi otomotif atau kendaraan bermotor sesuai dengan perkembangan dunia kerja, melalui pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja, isu-isu global, profesi dan kewirausahaan (job profile dan technopreneurship), Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH), budaya kerja industri, teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan kendaraan bermotor, gambar teknik, peralatan dan perlengkapan tempat kerja, pemeliharaan komponen otomotif, dasar elektronika otomotif, serta dasar sistem hidrolik dan pneumatic.
Mata pelajaran ini terdiri atas elemen-elemen berikut ini.
Elemen |
Deskripsi |
Proses bisnis
bidang otomotif secara
menyeluruh |
Meliputi proses bisnis
bidang otomotif secara
menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan, serta
pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi
dan kearifan lokal. |
Perkembangan teknologi otomotif dan dunia
kerja serta isu-isu
global |
Meliputi perkembangan teknologi otomotif dan dunia
kerja serta isu-isu
global terkait dunia otomotif. |
Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship), serta
peluang
usaha di bidang
otomotif. |
Meliputi profesi dan kewirausahaan (job-profile dan
technopreneurship) serta peluang usaha di bidang otomotif. |
Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
Meliputi penerapan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik-praktik kerja yang
aman, bahaya- bahaya di tempat kerja,
prosedur-prosedur dalam keadaan
darurat, dan penerapan budaya kerja industri, seperti 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), dan etika kerja. |
Teknik dasar pemeliharaan
dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses
bidang otomotif. |
Meliputi praktik dasar
yang terkait dengan
seluruh proses bidang
otomotif, antara lain penggunaan alat ukur, pemeliharaan, perbaikan, pembentukan bodi kendaraan, perakitan, serta pengenalan alat berat, dump-truck, dan
sejenisnya. |
Gambar teknik |
Meliputi menggambar teknik
dasar, termasuk pengenalan macam-macam peralatan gambar,
standarisasi dalam pembuatan gambar, serta praktik menggambar dan membaca gambar
teknik, dan menentukan letak
dan posisi komponen otomotif berdasarkan gambar buku manual. |
Peralatan dan perlengkapan tempat kerja |
Meliputi penggunaan peralatan dan perlengkapan tempat kerja antara lain alat-alat
tangan (tools), alat ukur,
perlengkapan bengkel (equipment), Special
Service Tools (SST) serta
alat pengangkat. |
Pemeliharaan komponen otomotif |
Meliputi pemeliharaan dan penggantian komponen otomotif mencakup dan tidak terbatas pada engine, chasis kelistrikan, dan bodi kendaraan. |
Dasar elektronika otomotif |
Meliputi pembuatan rangkaian elektronika dasar, termasuk pemahaman fungsi dan cara kerja
komponen-komponen elektronika dasar,
perakitan, gangguan rangkaian komponen-komponen elektronika dasar, perawatan komponen-komponen elektronika dasar, serta
pematrian komponen sesuai
prosedur
manual perbaikan |
Dasar sistem
hidrolik dan pneumatic |
Meliputi prinsip dasar
sistem hidrolik dan penumatik, termasuk komponen sistem hidrolik
dan pneumatik. |
D. Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase E peserta didik akan mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai program keahlian Otomotif, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Proses bisnis
bidang otomotif secara
menyeluruh |
Pada akhir fase E peserta
didik mampu memahami proses bisnis bidang
otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis
dan merk kendaraan, serta pengelolaan sumber daya manusia dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal. |
Perkembangan teknologi otomotif
dan dunia kerja serta isu-isu
global |
Pada akhir fase E peserta
didik mampu memahami perkembangan teknologi otomotif dan dunia kerja
serta menganalisis isu-isu
global terkait dunia
otomotif, antara lain
penerapan elektronik di otomotif, mobil listrik, kendaraan dengan kendali jarak jauh dan sejenisnya. |
Profesi dan kewirausahaan (job- profile dan technopreneurship)), serta peluang
usaha di bidang otomotif. |
Pada akhir fase E peserta
didik mampu memahami profesi dan kewirausahaan di bidang otomotif (job- profile dan technopreneurship),
serta peluang usaha di bidang otomotif, untuk membangun vision dan
passion, dengan melaksanakan
pembelajaran berbasis proyek nyata
sebagai simulasi proyek
kewirausahaan. |
Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri |
Pada akhir fase E peserta didik mampu menerapkan K3LH dan budaya kerja industri, antara lain: praktik- praktik
kerja yang aman,
bahaya-bahaya di tempat
kerja, prosedur-prosedur dalam
keadaan darurat, penerapan budaya kerja industri, seperti 5R (Ringkas, Rapi, Resik,
Rawat, Rajin), dan etika kerja. |
Teknik dasar pemeliharaan
dan perbaikan yang terkait dengan seluruh proses
bidang otomotif. |
Pada akhir fase E peserta didik peserta didik mampu memahami teknik dasar bidang
otomotif melalui pengenalan dan praktik singkat
penggunaan alat ukur, pemeliharaan, perbaikan, pembentukan body kendaraan, perakitan, serta pengenalan alat
berat, dump-truck, dan sejenisnya. |
Gambar teknik |
Pada akhir fase E peserta didik mampu menggambar teknik dasar, termasuk pengenalan macam-macam peralatan gambar, standarisasi dalam
pembuatan gambar, serta
praktik menggambar dan membaca gambar
teknik, dan menentukan letak dan posisi
komponen otomotif berdasarkan gambar buku manual. |
Peralatan dan perlengkapan tempat kerja |
Pada akhir fase E peserta didik mampu menggunakan peralatan dan perlengkapan kerja,
antara lain persiapan, kalibrasi, dan penggunaan peralatan dan perlengkapan sesuai jenis,
fungsi dan manual
perbaikan. |
Pemeliharaan komponen otomotif |
Pada
akhir fase E peserta didik mampu menjelaskan
fungsi dan cara kerja komponen utama engine (pada proses kerja
motor 2 langkah
dan 4 langkah), komponen pemindah tenaga, komponen casis,
komponen tambahan dan komponen perlengkapan lainya, mengidentifikasi struktur, fungsi dan lokasi
komponen otomotif, menerapkan persiapan form pemeriksaan sesuai manual
perbaikan,
penggunaan tools dan SST di
tempat kerja, menerapkan manual perbaikan serta menyimpan hasil pemeriksaan. |
Dasar elektronika otomotif |
Pada akhir
fase E peserta
didik mampu membuat
rangkaian elektronika dasar,
termasuk pemahaman fungsi
dan cara kerja
komponen-komponen elektronika dasar,
perakitan, diagnosa gangguan, perawatan komponen-komponen elektronika, serta pematrian komponen sesuai prosedur manual
perbaikan, pemeriksaan hasil pematrian secara visual, dan pengujian fungsi komponen hasil pematrian. |
Dasar
sistem hidrolik dan pneumatik |
Pada akhir
fase E peserta
didik mampu memahami prinsip dasar sistem
hidrolik dan pneumatik, termasuk fungsi dan cara kerja
komponen sistem hidrolik dan pneumatik, perawatan dan pengujian komponen sistem hidrolik
dan pneumatik. |