Melakukan perawatan berkala kendaraan ringan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Melakukan Perawatan Berkala Kendaraan Ringan
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya perawatan berkala pada kendaraan ringan.
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen yang perlu diperiksa dan dirawat secara berkala.
- Siswa dapat melakukan perawatan berkala pada kendaraan ringan sesuai prosedur.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan video pendek yang menjelaskan pentingnya perawatan berkala kendaraan ringan dan dampak dari kelalaian perawatan.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
- "Pernahkah kalian melihat kendaraan yang mengalami kerusakan karena tidak dirawat secara berkala?"
- "Menurut kalian, apa saja manfaat dari melakukan perawatan berkala pada kendaraan?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti satu aspek dari perawatan berkala kendaraan ringan, seperti pemeriksaan oli, sistem rem, sistem pendingin, sistem kelistrikan, dan ban.
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang prosedur perawatan berkala pada aspek yang ditugaskan.
- Setiap kelompok membuat panduan perawatan berkala yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang diteliti.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan panduan perawatan berkala mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru menghubungkan langkah-langkah perawatan berkala ini dengan pentingnya menjaga performa dan keamanan kendaraan.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan perawatan berkala pada kendaraan ringan sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang telah diteliti.
- Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya perawatan berkala kendaraan ringan.
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik perawatan berkala.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka yang dirawat secara berkala dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Video tentang pentingnya perawatan berkala kendaraan ringan
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
- Kendaraan ringan untuk praktik
- Alat dan bahan untuk perawatan berkala (misalnya, oli, filter udara, cairan rem, dsb.)
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Praktik perawatan berkala
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Berkala Kendaraan Ringan". Semoga bermanfaat!
Masukan dari Toyota Tanjungpinang:
Bahas materi: Praktik SBE, SBNP ini Membutuhkan Car Lift, Penggunaan SOP Lift Car, Posisi Lift