Melakukan perawatan dan overhaul differential

KARYA MANTAP 2 min read

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XII/1

Materi: Melakukan Perawatan dan Overhaul Differential

Waktu: 2 x 45 menit

Modul ajar Melakukan perawatan dan overhaul differential

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami fungsi dan komponen utama dari differential.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah perawatan dan overhaul differential.
  3. Siswa mampu melakukan perawatan dan overhaul differential dengan benar dan aman.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Memotivasi siswa dan memperkenalkan konsep perawatan dan overhaul differential.

Kegiatan:

  1. Guru menampilkan video singkat atau demonstrasi langsung tentang cara kerja differential pada kendaraan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
    • "Apa yang Anda ketahui tentang fungsi differential pada kendaraan?"
    • "Mengapa penting untuk melakukan perawatan rutin pada differential?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen utama dari differential dan proses perawatannya.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu komponen utama dari differential, seperti gear pinion, ring gear, differential case, atau spider gear.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, cara kerja, dan langkah-langkah perawatan dan overhaul dari masing-masing komponen tersebut.
  4. Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep perawatan dan overhaul differential serta pentingnya perawatannya.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang fungsi, cara kerja, dan perawatan differential.
  3. Guru menjelaskan pentingnya perawatan rutin dan overhaul untuk menjaga kinerja differential serta menghindari kerusakan yang lebih parah.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Memperdalam pemahaman siswa dengan praktek langsung.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perawatan dan overhaul pada differential kendaraan yang sudah ditentukan.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan perawatan dan overhaul differential.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep differential, langkah-langkah perawatan, dan overhaul.
  2. Guru mengevaluasi praktik perawatan dan overhaul siswa dan memberikan umpan balik langsung.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang masalah umum yang terjadi pada differential dan cara mengatasinya.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video atau demonstrasi tentang cara kerja differential
  2. Materi referensi tentang komponen dan perawatan differential
  3. Kendaraan atau model differential untuk praktek perawatan dan overhaul
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk praktek perawatan dan overhaul

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik perawatan dan overhaul differential
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan dan Overhaul Differential". Semoga bermanfaat!

Post a Comment