Melakukan perawatan dan overhaul komponen utama engine
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Melakukan Perawatan dan Overhaul Komponen Utama Engine
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya perawatan dan overhaul pada komponen utama engine.
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama engine yang memerlukan perawatan dan overhaul.
- Siswa dapat melakukan perawatan dan overhaul komponen utama engine sesuai prosedur.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan video pendek tentang pentingnya perawatan dan overhaul engine.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
- "Apa yang terjadi jika engine kendaraan tidak dirawat dengan baik?"
- "Mengapa overhaul engine diperlukan dalam beberapa kasus?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti salah satu komponen utama engine, seperti silinder, piston, crankshaft, camshaft, dan valve.
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang cara perawatan dan prosedur overhaul untuk komponen yang ditugaskan.
- Setiap kelompok membuat panduan perawatan dan overhaul yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan, perawatan, dan overhaul komponen yang diteliti.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan panduan perawatan dan overhaul mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru menghubungkan langkah-langkah perawatan dan overhaul dengan pentingnya menjaga performa dan umur panjang engine.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan perawatan dan overhaul pada engine sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan, perawatan, dan overhaul pada komponen engine yang telah diteliti.
- Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya perawatan dan overhaul komponen utama engine.
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik perawatan dan overhaul.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka yang mungkin memerlukan overhaul engine dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Video tentang pentingnya perawatan dan overhaul engine
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
- Komponen utama engine untuk praktik
- Alat dan bahan untuk perawatan dan overhaul (misalnya, alat ukur, alat pembersih, spare parts, dsb.)
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Praktik perawatan dan overhaul
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan dan Overhaul Komponen Utama Engine". Semoga bermanfaat!