Melakukan perawatan engine management system (EMS)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Melakukan Perawatan Engine Management System (EMS)
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan konsep dasar dari Engine Management System (EMS).
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama EMS yang memerlukan perawatan.
- Siswa dapat melakukan perawatan EMS sesuai dengan prosedur yang benar.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat siswa dan memperkenalkan konsep EMS.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan gambar atau video singkat yang menjelaskan konsep dasar EMS.
- Guru mengajukan pertanyaan untuk merangsang diskusi, seperti:
- "Apa yang Anda ketahui tentang Engine Management System (EMS)?"
- "Mengapa penting untuk merawat EMS pada kendaraan?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen-komponen utama EMS dan pentingnya perawatannya.
Kegiatan:
- Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil.
- Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu komponen utama EMS, seperti sensor, ECU (Electronic Control Unit), injektor bahan bakar, atau sistem pengapian.
- Mereka mencari informasi tentang fungsi, pentingnya perawatan, dan langkah-langkah yang diperlukan.
- Setiap kelompok mempersiapkan laporan singkat untuk dipresentasikan di kelas.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Menguraikan konsep EMS dan pentingnya perawatan.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
- Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep EMS dan pentingnya perawatan teratur.
- Guru mengaitkan konsep dengan aplikasi dunia nyata, seperti dampak peningkatan kinerja dan efisiensi bahan bakar.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Mempraktikkan perawatan EMS dalam konteks bengkel.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di bengkel.
- Mereka diberi kesempatan untuk merawat komponen EMS pada kendaraan yang sudah ditentukan.
- Guru memberikan arahan dan bimbingan saat diperlukan.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam merawat EMS.
Kegiatan:
- Siswa menyelesaikan kuis singkat tentang konsep EMS dan langkah-langkah perawatannya.
- Praktik perawatan dievaluasi secara formatif oleh guru, dengan memberikan umpan balik langsung kepada siswa.
- Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah yang mengharuskan siswa mencari contoh masalah EMS dalam kendaraan dan mengeksplorasi solusinya.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Gambar atau video tentang EMS
- Materi referensi tentang komponen EMS
- Kendaraan untuk praktik perawatan EMS
- Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk perawatan EMS (jika diperlukan)
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
- Praktik perawatan EMS
- Kuis singkat
- Tugas rumah
Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Engine Management System (EMS)". Semoga bermanfaat!