Melakukan perawatan sistem pendinginan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Melakukan Perawatan Sistem Pendinginan
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya sistem pendinginan pada kendaraan.
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama sistem pendinginan yang memerlukan perawatan.
- Siswa dapat melakukan perawatan sistem pendinginan sesuai prosedur.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan gambar atau diagram tentang sistem pendinginan pada kendaraan.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
- "Apa yang terjadi jika sistem pendinginan tidak berfungsi dengan baik pada kendaraan?"
- "Mengapa penting untuk merawat sistem pendinginan secara rutin?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti salah satu komponen utama sistem pendinginan, seperti radiator, kipas kipas, termostat, pompa air, dan cairan pendingin.
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang cara kerja dan perawatan masing-masing komponen.
- Setiap kelompok membuat panduan perawatan sistem pendinginan yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada komponen yang diteliti.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan panduan perawatan sistem pendinginan mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru menghubungkan langkah-langkah perawatan ini dengan pentingnya menjaga performa dan umur panjang mesin kendaraan.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan perawatan sistem pendinginan pada kendaraan sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada komponen sistem pendinginan yang telah diteliti.
- Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya perawatan sistem pendinginan.
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik perawatan.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka dan mengecek kondisi sistem pendinginan, kemudian menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Gambar atau diagram tentang sistem pendinginan kendaraan
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
- Komponen utama sistem pendinginan untuk praktik
- Alat dan bahan untuk perawatan sistem pendinginan (misalnya, cairan pendingin, alat pemeriksaan suhu, dsb.)
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Praktik perawatan sistem pendinginan
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Sistem Pendinginan". Semoga bermanfaat!