Melakukan spooring dan balancing
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XII/1
Materi: Melakukan Spooring dan Balancing
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa memahami fungsi dan manfaat spooring dan balancing.
- Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah melakukan spooring dan balancing.
- Siswa mampu melakukan spooring dan balancing dengan benar dan aman.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Memotivasi siswa dan memperkenalkan konsep spooring dan balancing.
Kegiatan:
- Guru menampilkan video singkat atau demonstrasi langsung tentang pentingnya spooring dan balancing pada kendaraan.
- Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
- "Apa yang Anda ketahui tentang spooring dan balancing?"
- "Mengapa penting untuk melakukan spooring dan balancing pada kendaraan?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa mengeksplorasi konsep dan proses spooring dan balancing.
Kegiatan:
- Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
- Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu aspek dari spooring dan balancing, seperti pengertian spooring, pengertian balancing, alat-alat yang digunakan, atau tanda-tanda kendaraan memerlukan spooring dan balancing.
- Mereka mencari informasi tentang fungsi, cara kerja, dan langkah-langkah melakukan spooring dan balancing.
- Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Menguraikan konsep spooring dan balancing serta pentingnya perawatan tersebut.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
- Guru memberikan penjelasan tambahan tentang fungsi, cara kerja, dan manfaat melakukan spooring dan balancing.
- Guru menjelaskan pentingnya melakukan spooring dan balancing untuk menjaga kestabilan dan kenyamanan berkendara serta menghindari keausan ban yang tidak merata.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Memperdalam pemahaman siswa dengan praktek langsung.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
- Mereka diberi kesempatan untuk melakukan spooring dan balancing pada kendaraan yang sudah ditentukan.
- Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan spooring dan balancing.
Kegiatan:
- Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep spooring dan balancing, langkah-langkah melakukan perawatan tersebut, dan alat-alat yang digunakan.
- Guru mengevaluasi praktik spooring dan balancing siswa dan memberikan umpan balik langsung.
- Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang masalah umum yang terjadi akibat kurangnya spooring dan balancing serta cara mengatasinya.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Video atau demonstrasi tentang pentingnya spooring dan balancing
- Materi referensi tentang komponen dan proses spooring dan balancing
- Kendaraan atau model sistem roda untuk praktek spooring dan balancing
- Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk praktek spooring dan balancing
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
- Praktik spooring dan balancing
- Kuis singkat
- Tugas rumah
Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Spooring dan Balancing". Semoga bermanfaat!