Memahami perkembangan teknologi otomotif
KARYA MANTAP
2 min read
Modul Ajar: 5E Model
Kelas: X Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Materi: Kendaraan Otonom
A. Kompetensi Dasar
- KD Pengetahuan: Memahami konsep dasar dan teknologi yang mendukung kendaraan otonom.
- KD Keterampilan: Mampu mengidentifikasi komponen dan prinsip kerja kendaraan otonom.
B. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menjelaskan konsep dasar kendaraan otonom dan sejarah perkembangannya.
- Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan fungsi dari komponen utama kendaraan otonom.
- Siswa mampu mensimulasikan prinsip kerja kendaraan otonom menggunakan perangkat lunak simulasi sederhana.
C. Materi Pembelajaran
- Pengantar Kendaraan Otonom
- Definisi dan sejarah perkembangan.
- Tingkatan otonomi kendaraan (Level 0 - Level 5).
- Teknologi Pendukung Kendaraan Otonom
- Sensor: Kamera, LiDAR, Radar, Ultrasonik.
- Sistem pemrosesan data: Unit Kontrol Elektronik (ECU), algoritma AI.
- Sistem navigasi: GPS, peta digital.
- Komponen Utama Kendaraan Otonom
- Sensor: Jenis dan fungsi.
- Aktuator: Jenis dan fungsi.
- ECU: Fungsi dan cara kerja.
- Simulasi Sistem Kerja Kendaraan Otonom
- Penggunaan perangkat lunak simulasi sederhana.
- Simulasi skenario dasar untuk memahami prinsip kerja.
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan: 5E Model (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate)
Metode: Diskusi kelompok, Eksperimen, Demonstrasi, Simulasi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Engage (10 Menit)
- Guru memulai dengan menampilkan video menarik tentang kendaraan otonom.
- Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk merangsang rasa ingin tahu siswa tentang kendaraan otonom, seperti "Bagaimana cara kerja mobil tanpa pengemudi?" atau "Apa keuntungan dari kendaraan otonom?".
Explore (30 Menit)
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk mengeksplorasi sub-topik tertentu tentang teknologi dan komponen kendaraan otonom menggunakan buku teks, artikel, dan internet.
- Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam bentuk catatan atau presentasi sederhana.
Explain (30 Menit)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil eksplorasi mereka di depan kelas.
- Guru memberikan penjelasan tambahan dan klarifikasi jika diperlukan.
- Diskusi kelas untuk memperdalam pemahaman tentang materi yang telah dipresentasikan.
Elaborate (40 Menit)
- Guru memperkenalkan perangkat lunak simulasi yang akan digunakan.
- Demonstrasi penggunaan perangkat lunak simulasi oleh guru.
- Siswa mencoba melakukan simulasi sederhana dengan bimbingan guru, seperti mengatur rute kendaraan otonom dalam skenario tertentu.
Evaluate (10 Menit)
- Refleksi dan diskusi tentang apa yang telah dipelajari selama sesi.
- Tes singkat atau kuis untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang konsep dan komponen kendaraan otonom.
- Pemberian tugas individu untuk menulis laporan tentang pengalaman mereka dalam melakukan simulasi.
F. Media dan Sumber Belajar
- Media
- Komputer/Laptop dengan akses internet.
- Perangkat lunak simulasi kendaraan otonom (misalnya, CARLA atau aplikasi sederhana lainnya).
- Proyektor dan papan tulis.
- Sumber Belajar
- Buku teks tentang teknologi kendaraan.
- Artikel ilmiah dan jurnal tentang kendaraan otonom.
- Video pembelajaran dari sumber terpercaya (misalnya, YouTube, TED Talks).
G. Penilaian
- Penilaian Pengetahuan
- Kuis atau tes tertulis tentang konsep dasar dan komponen kendaraan otonom.
- Penilaian Keterampilan
- Observasi dan penilaian terhadap partisipasi siswa dalam diskusi dan eksperimen.
- Laporan individu tentang simulasi dan analisis kendaraan otonom.
H. Tugas Individu
- Membuat laporan singkat (2-3 halaman) tentang salah satu komponen utama kendaraan otonom yang paling menarik bagi siswa, dilengkapi dengan gambar dan diagram.
- Menyelesaikan latihan simulasi tambahan di rumah jika perangkat lunak tersedia.
I. Rencana Tindak Lanjut
- Untuk Siswa yang Menguasai: Diberikan tugas tambahan untuk mengembangkan mini-proyek sederhana terkait teknologi kendaraan otonom.
- Untuk Siswa yang Belum Menguasai: Mendapatkan bimbingan tambahan dan diberikan materi remedial, serta kesempatan untuk mengulang simulasi praktikum.
Dengan modul ajar ini, diharapkan siswa kelas X TKR dapat memahami konsep dan teknologi yang mendukung kendaraan otonom, serta mengembangkan keterampilan analisis dan simulasi mereka dalam konteks teknik kendaraan ringan.
tugas 3: https://drive.google.com/drive/folders/1BrVype3Q06hl-nmgaSmuyEMQaS1VpInE
ReplyDeleteTerimkasih banyak, Pak Hery.
DeleteTerimkasih banyak, Pak Hery.
ReplyDeleteTerimkasih banyak, Pak Hery.
ReplyDelete