Melakukan perawatan dan overhaul poros propeller

KARYA MANTAP 3 min read

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E

Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Kelas/Semester: XII/1

Materi: Melakukan Perawatan dan Overhaul Poros Propeller

Waktu: 2 x 45 menit

Modul Ajar Melakukan perawatan dan overhaul poros propeller

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami fungsi dan komponen utama dari poros propeller.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah perawatan dan overhaul poros propeller.
  3. Siswa mampu melakukan perawatan dan overhaul poros propeller dengan benar dan aman.

1. Engage (Mengajak)

Tujuan: Memotivasi siswa dan memperkenalkan konsep perawatan dan overhaul poros propeller.

Kegiatan:

  1. Guru memulai dengan menampilkan video singkat atau demonstrasi langsung tentang cara kerja poros propeller pada kendaraan.
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
    • "Apa yang Anda ketahui tentang fungsi poros propeller pada kendaraan?"
    • "Mengapa penting untuk melakukan perawatan rutin pada poros propeller?"

Waktu: 10 menit

2. Explore (Eksplorasi)

Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen utama dari poros propeller dan proses perawatannya.

Kegiatan:

  1. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
  2. Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu komponen utama dari poros propeller, seperti universal joint, slip yoke, atau differential.
  3. Mereka mencari informasi tentang fungsi, cara kerja, dan langkah-langkah perawatan dan overhaul dari masing-masing komponen tersebut.
  4. Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.

Waktu: 20 menit

3. Explain (Menjelaskan)

Tujuan: Menguraikan konsep perawatan dan overhaul poros propeller serta pentingnya perawatannya.

Kegiatan:

  1. Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
  2. Guru memberikan penjelasan tambahan tentang fungsi, cara kerja, dan perawatan poros propeller.
  3. Guru menjelaskan pentingnya perawatan rutin dan overhaul untuk menjaga kinerja poros propeller serta menghindari kerusakan yang lebih parah.

Waktu: 20 menit

4. Elaborate (Mengelaborasi)

Tujuan: Memperdalam pemahaman siswa dengan praktek langsung.

Kegiatan:

  1. Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
  2. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perawatan dan overhaul pada poros propeller kendaraan yang sudah ditentukan.
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.

Waktu: 30 menit

5. Evaluate (Mengevaluasi)

Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan perawatan dan overhaul poros propeller.

Kegiatan:

  1. Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep poros propeller, langkah-langkah perawatan, dan overhaul.
  2. Guru mengevaluasi praktik perawatan dan overhaul siswa dan memberikan umpan balik langsung.
  3. Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.

Waktu: 20 menit

Penutup

Kegiatan:

  1. Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang masalah umum yang terjadi pada poros propeller dan cara mengatasinya.

Waktu: 5 menit

Alat dan Bahan:

  1. Video atau demonstrasi tentang cara kerja poros propeller
  2. Materi referensi tentang komponen dan perawatan poros propeller
  3. Kendaraan atau model poros propeller untuk praktek perawatan dan overhaul
  4. Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk praktek perawatan dan overhaul

Penilaian:

  1. Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
  2. Praktik perawatan dan overhaul poros propeller
  3. Kuis singkat
  4. Tugas rumah

Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan dan Overhaul Poros Propeller". Semoga bermanfaat!

Post a Comment