Melakukan perawatan sistem pemasukan, pembuangan dan control emisi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Melakukan Perawatan Sistem Pemasukan, Pembuangan, dan Kontrol Emisi
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa memahami pentingnya sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi pada kendaraan.
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama dari sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
- Siswa mampu melakukan perawatan rutin pada sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat siswa dan memperkenalkan konsep sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
Kegiatan:
- Guru memperlihatkan gambar atau video tentang sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi pada kendaraan.
- Guru mengajukan pertanyaan untuk memulai diskusi, seperti:
- "Apa yang Anda ketahui tentang sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi pada kendaraan?"
- "Mengapa penting untuk merawat sistem ini secara berkala?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa mengeksplorasi komponen-komponen utama dari sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
Kegiatan:
- Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
- Setiap kelompok ditugaskan untuk meneliti salah satu komponen utama dari sistem tersebut, seperti intake manifold, katalis konverter, sensor oksigen, dll.
- Mereka mencari informasi tentang fungsi, peran, dan cara merawat komponen tersebut.
- Setiap kelompok membuat ringkasan temuan mereka untuk disajikan di depan kelas.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Menguraikan konsep sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi serta pentingnya perawatannya.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka.
- Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
- Guru menjelaskan pentingnya perawatan rutin untuk menjaga performa dan efisiensi kendaraan serta meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Mempraktikkan perawatan rutin pada sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah.
- Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perawatan pada komponen-komponen sistem tersebut, seperti membersihkan throttle body, mengganti filter udara, atau memeriksa kondisi katalis konverter.
- Guru memberikan arahan dan bimbingan selama praktik berlangsung.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam melakukan perawatan sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi.
Kegiatan:
- Siswa menyelesaikan kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang konsep sistem dan langkah-langkah perawatannya.
- Guru mengevaluasi praktik perawatan siswa dan memberikan umpan balik langsung.
- Diskusi kelas tentang pengalaman praktik dan konsep yang dipelajari.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pengamatan lebih lanjut tentang kendaraan di sekitar mereka dan mengidentifikasi komponen-komponen sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi yang memerlukan perawatan.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Gambar atau video tentang sistem pemasukan, pembuangan, dan kontrol emisi
- Materi referensi tentang komponen sistem
- Kendaraan untuk praktik perawatan
- Alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk perawatan
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
- Praktik perawatan sistem
- Kuis singkat
- Tugas rumah
Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Melakukan Perawatan Sistem Pemasukan, Pembuangan, dan Kontrol Emisi". Semoga bermanfaat!