Melakukan WAC (Walk Arround Check) sebelum melaksanakan servis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Melakukan Walk Around Check (WAC) Sebelum Melaksanakan Servis
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya Walk Around Check (WAC) sebelum melaksanakan servis.
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen dan area kendaraan yang perlu diperiksa dalam WAC.
- Siswa dapat melakukan WAC secara sistematis dan mendokumentasikan temuan.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan video pendek tentang prosedur Walk Around Check (WAC) di bengkel resmi.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
- "Pernahkah kalian melihat teknisi melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh sebelum servis?"
- "Mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan awal pada kendaraan sebelum memulai servis?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti langkah-langkah dalam melakukan WAC, seperti pemeriksaan eksterior, interior, mesin, dan sistem keselamatan.
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang prosedur WAC.
- Setiap kelompok membuat panduan atau checklist WAC yang mencakup semua area yang perlu diperiksa.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan panduan atau checklist WAC mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru menghubungkan langkah-langkah WAC ke pentingnya keselamatan dan efisiensi dalam servis kendaraan.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi baru atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa diberi skenario kasus nyata di mana mereka harus melakukan WAC pada kendaraan tertentu.
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk melakukan WAC berdasarkan checklist yang mereka buat.
- Setiap kelompok mendokumentasikan temuan mereka dan menyusun laporan pemeriksaan yang lengkap.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya WAC.
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan diskusi kelas sebelumnya.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati proses WAC di bengkel terdekat dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Video tentang prosedur WAC
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
- Kendaraan untuk simulasi WAC
- Checklist WAC
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Walk Around Check (WAC) Sebelum Melaksanakan Servis". Semoga bermanfaat!