Mengoperasikan kendaraan manual dan/atau automatic
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Mengoperasikan Kendaraan Manual dan/atau Automatic
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara kendaraan manual dan automatic.
- Siswa dapat mengidentifikasi komponen utama dan fungsinya pada kendaraan manual dan automatic.
- Siswa dapat mengoperasikan kendaraan manual dan automatic dengan benar dan aman.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan video yang menunjukkan perbedaan mengemudi antara kendaraan manual dan automatic.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
- "Apa saja perbedaan utama antara mobil manual dan automatic?"
- "Apa kelebihan dan kekurangan mengemudi mobil manual dan automatic menurut kalian?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok fokus pada kendaraan manual dan yang lain pada kendaraan automatic.
- Setiap kelompok melakukan penelitian tentang cara kerja, komponen utama, dan teknik mengemudi kendaraan yang ditugaskan.
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi.
- Setiap kelompok membuat poster atau diagram yang menjelaskan cara kerja dan teknik dasar mengemudi kendaraan yang diteliti.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan temuan mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru mendemonstrasikan komponen utama dan cara kerja dari kendaraan manual dan automatic menggunakan model atau gambar.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di area yang aman dan terkendali, mengoperasikan kendaraan manual dan automatic secara bergantian.
- Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk mempraktikkan teknik dasar mengemudi, seperti start, stop, shifting gears (untuk manual), dan parkir.
- Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang perbedaan, kelebihan, dan teknik dasar mengemudi kendaraan manual dan automatic.
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik mengemudi.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang pengalaman mereka mengemudi kedua jenis kendaraan dan apa yang mereka pelajari.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati cara kerja kendaraan manual dan automatic di sekitar mereka dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Video tentang perbedaan mengemudi kendaraan manual dan automatic
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
- Kendaraan manual dan automatic untuk praktik
- Area praktik mengemudi yang aman
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Praktik mengemudi
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Mengoperasikan Kendaraan Manual dan/atau Automatic". Semoga bermanfaat!