Memahami proses konversi energi kendaraan ringan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Memahami Proses Konversi Energi Kendaraan Ringan
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa memahami konsep dasar tentang konversi energi pada kendaraan ringan.
- Siswa dapat menjelaskan proses konversi energi dari bahan bakar menjadi gerakan kendaraan.
- Siswa mampu mengidentifikasi komponen utama yang terlibat dalam proses konversi energi.
1. Membangkitkan Minat:
Mulailah pelajaran dengan menunjukkan kepada siswa berbagai kendaraan ringan, seperti sepeda, skuter, dan mobil kompak. Minta mereka untuk berpikir keras dan mendiskusikan berbagai sumber energi yang dapat digunakan kendaraan-kendaraan ini untuk beroperasi. Dorong siswa untuk mempertimbangkan baik sumber energi tradisional (misalnya, bensin) maupun sumber energi alternatif (misalnya, listrik, tenaga surya).
2. Menjelajah:
Bagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil dan berikan setiap kelompok kartu-kartu yang diberi label dengan berbagai sumber energi seperti bensin, listrik, biodiesel, dan sel bahan bakar hidrogen. Di dalam kelompok mereka, siswa harus melakukan penelitian dan mendiskusikan kelebihan dan kekurangan setiap sumber energi dalam konteks memberi tenaga pada kendaraan ringan. Mereka harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, dampak lingkungan, efisiensi, dan ketersediaan.
3. Menjelaskan:
Setelah menyelesaikan penelitian mereka, setiap kelompok akan menyajikan temuan mereka kepada kelas. Fasilitasi diskusi tentang berbagai sumber energi, memungkinkan siswa untuk bertanya dan terlibat dalam dialog tentang pro dan kontra masing-masing.
4. Mengembangkan:
Pada fase ini, siswa akan berpartisipasi dalam aktivitas yang langsung dilakukan. Berikan bahan untuk eksperimen sederhana di mana siswa dapat membangun model miniatur kendaraan ringan menggunakan sumber energi terbarukan seperti panel surya atau turbin angin. Mereka akan menguji dan membandingkan efisiensi dari sumber energi terbarukan ini dalam memberi tenaga pada model-model mereka.
5. Menilai:
Untuk menilai pemahaman siswa, berikan tugas menulis reflektif di mana siswa membandingkan dan kontras sumber energi yang dibahas dalam kelas. Mereka harus membenarkan preferensi mereka berdasarkan pengetahuan yang diperoleh sepanjang pelajaran.
Standar yang Disesuaikan: Standar Sains Generasi Mendatang - HS-ESS3-3: Buat simulasi komputasi untuk mengilustrasikan hubungan di antara pengelolaan sumber daya alam, keberlanjutan populasi manusia, dan keanekaragaman hayati.
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah yang melibatkan pencarian lebih lanjut tentang salah satu komponen konversi energi pada kendaraan dan menulis laporan singkat tentang perannya.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Gambar atau video tentang komponen-komponen kendaraan dan proses konversi energi
- Materi referensi tentang mesin kendaraan dan sistem konversi energi
- Alat dan bahan untuk praktek langsung (jika memungkinkan)
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi dan presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Laporan atau tulisan reflektif tentang kunjungan ke bengkel atau laboratorium
- Tugas rumah
Demikianlah RPP menggunakan model 5E untuk materi "Memahami Proses Konversi Energi Kendaraan Ringan". Semoga bermanfaat!