Mengidentifikasi sumber energi dan jenis – jenis sumber energi kendaraan ringan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran: Konversi Energi Kendaraan Ringan
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Jenis-jenis Sumber Energi Kendaraan Ringan
Waktu: 2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat mengidentifikasi berbagai jenis sumber energi yang digunakan dalam kendaraan ringan.
- Siswa dapat menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis sumber energi.
- Siswa dapat mengevaluasi penggunaan sumber energi alternatif untuk kendaraan ringan.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman siswa sehari-hari.
Kegiatan:
Guru memulai dengan menampilkan video pendek tentang berbagai jenis kendaraan ringan (misalnya sepeda motor, mobil listrik, dan mobil hybrid) dan sumber energi yang digunakan.
Guru mengajukan pertanyaan pemantik, seperti:
- "Apa saja jenis bahan bakar yang kalian ketahui?"
- "Mengapa penting untuk mengetahui jenis-jenis sumber energi untuk kendaraan?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberikan tugas untuk meneliti satu jenis sumber energi (misalnya bensin, diesel, listrik, dan hybrid).
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang sumber energi yang ditugaskan.
- Setiap kelompok membuat poster yang menjelaskan cara kerja, kelebihan, dan kekurangan dari sumber energi yang diteliti.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan poster mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru membahas sumber energi tambahan yang belum disebutkan, seperti hidrogen dan energi matahari.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi baru atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa diminta untuk berpartisipasi dalam debat kelas tentang sumber energi terbaik untuk kendaraan ringan.
- Setiap kelompok harus mempertahankan kelebihan dari sumber energi yang mereka pelajari sambil mengkritisi sumber energi lain.
- Guru memfasilitasi diskusi dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan panduan.
Waktu: 20 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang jenis-jenis sumber energi kendaraan ringan.
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan diskusi kelas sebelumnya.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana informasi ini relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mencari contoh kendaraan ringan yang menggunakan sumber energi alternatif dan menuliskan laporan singkat tentang penggunaannya.
Waktu: 10 menit
Alat dan Bahan:
- Video tentang jenis-jenis kendaraan ringan
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Jenis-jenis Sumber Energi Kendaraan Ringan". Semoga bermanfaat!