Notification texts go here Contact Us Look Now!

Persepsi Dalam Psikologi Komunikasi

3.2 Persepsi

Anda sekarang sudah menbaca sampai halaman ini. Letakkan buku dalam keadaan terbuka kira-kira 50 cm di muka Anda. Anda melihat huruf-huruf yang kabur. Dekatkan buku ini pada mata Anda perlahan-lahan. Sekarang huruf-hurufnya tampak jelas. Inilah sensasi.

Ketika Anda melihat huruf, merangkaikannya dalam kalimat dan mulai menangkap makna yang Anda baca, terjadilah persepsi. Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

Persepsi ialah memberikan makna pada stimulus inderawi (sensory stimuli). Hubungan sensasi dengan persep- si sudah jelas. Sensasi adalah bagian dari persepsi. Walaupun begitu, menafsirkan makna informasi inderawi tidak hanya melibatkan sensasi, tetapi juga atensi, ekspektasi, motivasi, dan memori (Desiderato, 1976: 129).

Persepsi Dalam Psikologi Komunikasi

Anda melihat kawan Anda sedang melihat-lihat etalase toko.Anda menyergapnya dari belakang, "Bangsat, lu. Udah lupa sama aku, ya!" orang itu membalik. Anda terkejut. Ia bukarn kawan Anda, tetapi orang yang tidak pernah Anda kenal seumur hidup Anda.

Ini bukan kesalahan sensasi. Ini kekeliruan persepsi. Bila dosen mengucapkan "Bagus", tetapi Anda mendengar "Agus", Anda keliru sensasi. Akan tetapi, bila saya mengucapkan "Anda cerdas sekali", lalu Anda menerima pujian saya dengan berang, karena Anda kira saya mempermainkan Anda, Anda salah mempersepsi pesan saya.

Persepsi, seperti juga sensasi, ditentukan oleh faktor personal dạn faktor situasional. David Krech dan Richard S. Crutchfield (1977: 235) menyebutnya faktor fungsional dan aktor struktural. Sebelum membahas hal itu, marilah kita mulai dengan faktor lainnya yang san- gat mempengaruhi persepsi, yakni perhatian.

Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.