Notification texts go here Contact Us Look Now!

Skema Belajar Proses Bisnis Otomotif Secara Menyeluruh

 Hari ini saya mengajar Mata Pelajaran Dasar Dasar Program Keahlian atau lebih tepatnya Dasar Dasar Otomotif. Kenapa saya mengubah Program Keahlian menjadi Otomotif?

Iya, jawabanya sangat sederhana, sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan. Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022 yaitu pada halaman 35 Capaian Pembelajaran Dasar Dasar Teknik Otomotif.

Materi hari ini adalah memahami manajemen atau proses bisnis bidang otomotif secara menyeluruh pada berbagai jenis dan merk kendaraan.

Saya menyederhanakan pembelajaran kepada siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning.

Apa yang saya lakukan?

Siswa saya minta untuk membuat proposal dengan nama Business Plan (rencana bisnis) bengkel sepeda motor.

Proses Bisnis Otomotif Secara Menyeluruh

Menurut saya membuka usaha bengkel perlu melakukan Grand Opening atau Grand Launching ketika memulai menjalakan usaha.

Targetnya adalah mendatangkan pelanggan sebanyak banyaknya selama masa grand opening.

Misalnya:

selama grand opening dibuatkan promo selama satu minggu Free jasa Service berkala. Saya rencanakan harus berhasil mendatangkan pelanggan sebanyak 200 orang selama masa promosi tersebut.

Saya menilai ada prinsip Retention atau membuat pelanggan kembali membeli atau menggunakan layanan bengkel yang akan kami buka.

Menjadi Indikator target bengkel?

Sehingga kami membuat prediksi dan proyeksi bahwa 200 pelanggan tersebut yang harus kami pertahankan untuk datang kembali setelah usaha promosi selesai.

Kan lumayan sebanyak itu yang menjadi pelanggan tetap bengkel kami kedepannya. Memang tak bisa dipastikan bahwa mereka semua kembali menggunakan layanan kami. Tapi paling tidak itulah yang menjadi indikator kami, jika tidak kembali 200 orang maka, ada yang salah dengan kami.

Kami harus berusaha melakukan hal hal yang positif untuk bisa mengembalikan pelanggan yang datang tersebut.

Kebijakan untuk mendatangkan kembali mereka: Mulai dari menanyakan kondisi motor yang sudah beberapa bulan dipakai, mengingatkan pelangan untuk melakukan perawatan berkala, dan lainnya.

Disana kami harus mengumpulkan nomor telepon pelanggan yang datang melakukan perawatan sepeda motor ke bengkel. Agar bisa menjalakan alternatif kebijakan untuk mendatangkan kembali pelanggan.

Demikian salah satu isi dari Business Plan yang akan dibuat oleh siswa. Mereka harus merencakan grand opening pada proposan rencana bisinis.

Selain itu didalam proposal juga harus menjelaskan secara rinci, tugas dan tanggung jawab sumber daya manusia, antara lain:

  1. HRD
  2. Kasir
  3. Kepala Teknisi
  4. Teknisi
  5. Dll

Bisnis Plan bengkel juga harus memuat layout atau tata letak dari keseluruhan bengkel, mulai dari:

  1. Letak antri datang
  2. Ruang tunggu
  3. Letak antri selesai service
  4. Costumer Service (Service Advisor)
  5. Kasir
  6. Stall service 1 sampai 4
  7. Stal pemeriksaan akhir
  8. dll

Selain itu, proyeksi keuntungan sangat penting untuk dirincikan pada proposal rencana bisnis. Namun disini saya tidak meminta siswa untuk merincikan harga semuanya produk dan layanan. Cukup dibuat bagian yang umum dan paling sering ditemukan dibengkel.

Contohnya pada sebuah bengkel yang paling sering adalah:

  1. Service Berkala
  2. Ganti oli
  3. Service Rem
  4. dll

Jika bisa diliskan lebih dari sepuluh (10) item sudah cukup bagus.

Pada bagian pelayanan pelanggan datang hingga mereka selesai dari bengkel harus dirincikan juga sesuai dengan layout bengkel yang sudah direncanakan.

Misalnya:

  1. Pelanggan datang
  2. Jumpa SA
  3. Mendapat nomor antrian
  4. Masuk ruang tunggu orang
  5. masuk ruang tunggu motor
  6. Perawatan sepeda motor
  7. Pemeriksaan akhir
  8. Pembayaran layanan
  9. Penyerahan sepeda motor kembali kepada pelanggan
  10. Pelanggan Pulang

Kesimpulan

Pada tahap awal ini tidak perlu membuat secara detail sekali, cukup mereka membuat bisnis plan yang akan dilaksanakan di bengkel sekolah saja.

Kami berencana akan menjalankan rencana bisnis tersebut, dimulai dari melayani sepeda motor mereka sendiri. Sebagai langkah awal latihan mengerjakan service berkala, sebelum menerima sepeda motor masyarakat umum.

Ikuti terus perkembangan dari projek ini ya, apakah benar-benar bisa kami laksanakan membuka gerai bengkel service bulan depan (September 2023) Simak terus iya...

Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.