Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya Servis Berkala New Prosedur (SBNP).
- Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah dan komponen yang diperiksa dalam SBNP.
- Siswa dapat melakukan SBNP sesuai dengan prosedur yang benar dan aman.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan video pendek yang menunjukkan perbedaan antara servis berkala konvensional dan SBNP.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
- "Apa yang membedakan servis berkala biasa dengan SBNP?"
- "Mengapa penting untuk mengikuti prosedur baru dalam servis berkala kendaraan?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti satu aspek dari SBNP, seperti pemeriksaan mesin, sistem kelistrikan, sistem pendingin, sistem rem, dan sistem transmisi.
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang langkah-langkah SBNP pada aspek yang ditugaskan.
- Setiap kelompok membuat panduan SBNP yang mencakup langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang diteliti.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan panduan SBNP mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru menghubungkan langkah-langkah SBNP ini dengan pentingnya menjaga performa dan keamanan kendaraan.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi nyata atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa melakukan praktik langsung di bengkel sekolah, melakukan SBNP pada kendaraan ringan sesuai dengan panduan yang telah dibuat.
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk mempraktikkan langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan pada aspek yang telah diteliti.
- Guru memberikan bimbingan dan umpan balik selama praktik berlangsung, memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan benar dan aman.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang langkah-langkah dan pentingnya SBNP.
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan praktik SBNP.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam pekerjaan mereka di masa depan.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati kendaraan di sekitar mereka yang mungkin menggunakan prosedur SBNP dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Video tentang perbedaan antara servis berkala konvensional dan SBNP
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
- Kendaraan ringan untuk praktik
- Alat dan bahan untuk SBNP (misalnya, oli, filter udara, cairan rem, dsb.)
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Praktik SBNP
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Melakukan Servis Berkala New Prosedur (SBNP)". Semoga bermanfaat!
Masukan dari Toyota Tanjungpinang:
Bahas materi: Praktik SBE, SBNP ini Membutuhkan Car Lift, Penggunaan SOP Lift Car, Posisi Lift