Mengelola alat dan bahan (sparepart)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model 5E
Mata Pelajaran: Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Kelas/Semester: XI/1
Materi: Mengelola Alat dan Bahan (Sparepart)
Waktu: 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat mengidentifikasi berbagai alat dan bahan (sparepart) yang digunakan dalam servis kendaraan.
- Siswa dapat menjelaskan prosedur pengelolaan alat dan bahan (sparepart) secara efektif dan efisien.
- Siswa dapat menerapkan pengetahuan tentang pengelolaan alat dan bahan (sparepart) dalam simulasi atau praktik di bengkel sekolah.
1. Engage (Mengajak)
Tujuan: Membangkitkan minat dan memotivasi siswa serta mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman sehari-hari.
Kegiatan:
- Guru memulai dengan menampilkan video tentang pentingnya pengelolaan alat dan bahan (sparepart) di bengkel kendaraan.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
- "Apa yang terjadi jika alat dan bahan di bengkel tidak dikelola dengan baik?"
- "Pernahkah kalian melihat atau mengalami kekurangan sparepart ketika servis kendaraan?"
Waktu: 10 menit
2. Explore (Eksplorasi)
Tujuan: Siswa melakukan investigasi untuk mengembangkan pemahaman awal tentang topik.
Kegiatan:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberi tugas untuk meneliti satu aspek dari pengelolaan alat dan bahan (sparepart) seperti inventarisasi, penyimpanan, pengadaan, dan pemeliharaan.
- Siswa menggunakan buku teks, artikel, dan sumber daya online untuk mencari informasi tentang aspek yang ditugaskan.
- Setiap kelompok membuat diagram atau flowchart yang menjelaskan prosedur dan praktik terbaik dalam pengelolaan aspek yang diteliti.
Waktu: 20 menit
3. Explain (Menjelaskan)
Tujuan: Siswa berbagi apa yang mereka pelajari dan mengaitkan penemuan mereka dengan konsep-konsep ilmiah.
Kegiatan:
- Setiap kelompok mempresentasikan diagram atau flowchart mereka kepada kelas.
- Guru membantu menjelaskan konsep-konsep yang lebih rumit dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Guru menghubungkan aspek-aspek pengelolaan ini ke keseluruhan proses pengelolaan alat dan bahan (sparepart) di bengkel.
Waktu: 20 menit
4. Elaborate (Mengelaborasi)
Tujuan: Siswa memperluas pemahaman mereka dengan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke situasi baru atau lebih kompleks.
Kegiatan:
- Siswa diberi skenario kasus nyata di mana mereka harus merancang sistem pengelolaan alat dan bahan (sparepart) untuk bengkel sekolah.
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk merancang dan menyusun prosedur lengkap pengelolaan alat dan bahan berdasarkan skenario yang diberikan.
- Setiap kelompok kemudian mempresentasikan rencana mereka dan mendapatkan umpan balik dari teman sekelas dan guru.
Waktu: 30 menit
5. Evaluate (Mengevaluasi)
Tujuan: Menilai pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Kegiatan:
- Siswa mengerjakan kuis singkat yang mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai singkat tentang pengelolaan alat dan bahan (sparepart).
- Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kuis dan diskusi kelas sebelumnya.
- Guru juga meminta siswa untuk menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam karir di masa depan.
Waktu: 20 menit
Penutup
Kegiatan:
- Guru merangkum kembali poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengamati pengelolaan alat dan bahan (sparepart) di bengkel terdekat dan menuliskan laporan singkat tentang temuan mereka.
Waktu: 5 menit
Alat dan Bahan:
- Video tentang pengelolaan alat dan bahan (sparepart)
- Buku teks dan artikel
- Poster dan spidol
- Komputer atau tablet untuk pencarian online
Penilaian:
- Partisipasi dalam diskusi kelompok dan kelas
- Presentasi kelompok
- Kuis singkat
- Tugas rumah
Demikian RPP dengan model 5E untuk materi "Mengelola Alat dan Bahan (Sparepart)". Semoga bermanfaat!